logo
Duis autem vel eum iriure dolor in hendrerit in vulputate velit esse molestie consequat, vel illum dolore eu feugiat.
 

Template JAFA

Home / Template JAFA

DATA KEBUTUHAN SILADIKTI

Pada dasarnya, ada beberapa Berkas/ Isian yang harus dilengkapi, antara lain :

  1. Isian Formulir Data Dosen (klik disini)
  2. Unggah Dokumen, yang terdiri dari :
    • Scan Surat Pengantar dari pimpinan PTS
    • Resume
    • Hasil Penilaian Angka Kredit oleh Tim PAK PTS
    • Scan Ijazah terakhir (untuk ijazah S3 mohon disertakan status akreditasi prodi/institusi), Ijazah Luar Negeri dilengkapi dengan SK Penyetaraannya dari Ditjen Dikti
    • PDF abstrak thesis/disertasi (bukan scan dari hardcopy/ editable)
    • Scan SK pemberian Tugas Belajar/Ijin Belajar (jika ada)
    • Scan SK pengaktifan kembali setelah selesai melaksanakan tugas belajar (jika ada)
    • Scan DUPAK yang ditandatangani oleh pejabat yang berwenang
    • Scan SK pengangkatan dosen tetap oleh yayasan
    • Scan SK PAK terakhir
    • Scan SK Jabatan terakhir
    • Scan SK pangkat terakhir
    • Scan PPKP (Penilaian Prestasi Kerja Pegawai) 1 tahun terakhir
    • Scan SK CPNS, SK dosen PNS dpk, Keputusan Kepala BKN penetapan NIP baru, serta Surat Pernyataan Menduduki Jabatan (SPMJ) dan Surat Pernyataan Melaksanakan Tugas (SPMT) (bagi dosen PNS Dpk)
    • Scan Pakta Integritas, tanda tangan yang bersangkutan bermaterai dan diketahui pimpinan PT
    • Scan Berita Acara Pertimbangan/Persetujuan Senat Perguruan Tinggi/Kriterium
    • Scan Daftar Hadir Anggota Senat
    • Scan Surat Pernyataan Melaksanakan Kegiatan Pendidikan dan Pengajaran
    • Scan Surat Pernyataan Melaksanakan Kegiatan Penelitian
    • Scan Surat Pernyataan Melaksanakan Pengabdian pada Masyarakat
    • Scan Surat Pernyataan Melaksanakan Kegiatan Penunjang Tridharma PT
    • Scan Surat Pernyataan Pengesahan Hasil Validasi Karya Ilmiah
    • Scan Surat Pernyataan Keabsahan Karya Ilmiah, tanda tangan yang bersangkutan bermaterai dan diketahui pimpinan PT
    • Scan Sertifikat Pendidik (bila ada)
  3. Penilaian KUM.

Penilaian KUM adalah dasar dari pembuatan RESUME otomatis yang disediakan oleh SILADIKTI, pada penilaian KUM, semua isian mengacu pada lampiran Pendidikan, Penelitian, Pengabdian dan Penunjang yang ada di form Unggah Dokumen. Data yang dientrikan disini adalah KUM dan bukti pendukung dari kum tersebut, jadi mohon disiapkan untuk BUKTI PENDUKUNG dari setiap kegiatan yang dimasukkan. Penilaian KUM terdiri dari :

    • KUM A (RIWAYAT SEKOLAH DAN PRAJABATAN)
      1. Pendidikan sekolah dan memperoleh ijazah/gelar.
      2. Pendidikan dan pelatihan prajabatan.
    • KUM B (PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN)
      1. Mengembangkan bahan kuliah
      2. Menyampaikan orasi ilmiah
      3. Menduduki jabatan pimpinan perguruan tinggi
      4. Membimbing Akademik Dosen di bawah jabatannya
      5. Melaksanakan kegiatan detasering pencangkokan Jabatan Akademik Dosen
      6. Melakukan kegiatan pengembangan diri untuk meningkatkan kompetensi.
      7. Melaksanakan perkulihan/tutorial dan membimbing, menguji serta menyelenggarakan pendidikan di laboratorium, praktik keguruan bengkel/studio/kebun percobaan/teknologi pengajaran dan praktik lapangan
      8. Membimbing seminar
      9. Membimbing kuliah kerja nyata, praktek kerja nyata, praktek kerja lapangan
      10. Membimbing dan ikut membimbing dalam menghasilkan disertasi, thesis, skripsi, dan laporan akhir studi
      11. Melaksanakan tugas sebagai penguji pada ujian akhir
      12. Membina kegiatan mahasiswa
      13. Mengembangkan program kuliah
    • KUM C (PENELITIAN)
      1. Menyusun karya ilmiah
      2. Menerjemahkan/menyadur buku ilmiah
      3. Mengedit/menyunting karya ilmiah
      4. Membuat rencana dan karya teknologi yang dipatenkan
      5. Membuat rancangan dan karya teknologi, rancangan dan karya seni monumental/seni pertunjukan/karya sastra

Pada Kum C (Penelitian) silahkan isi form berikut dan melengkapi data pendukungnya:

      • Menulis Karya Ilmiah Jurnal klik isian disini
      • Menyusun Buku klik isian disini
      • Hasil Penelitian yang tidak dipublikasikan klik isian disini
    • KUM D (PENGABDIAN)
      1. Menduduki jabatan pimpinan pada lembaga pemerintahan/pejabat negara yang harus dibebaskan dari jabatan organiknya
      2. Melaksanakan pengembangan hasil pendidikan dan penelitian
      3. Memberi latihan/penyuluhan/penataran/ceramah pada masyarakat
      4. Memberi pelayanan kepada masyarakat atau kegiatan lain yang menunjang pelaksanaan tugas umum pemerintah dan pembangunan
      5. Membuat/menulis karya pengabdian
    • KUM E (PENUNJANG)
      1. Menjadi anggota dalam suatu panitia/badan pada perguruan tinggi
      2. Menjadi anggota panitia/badan pada lembaga pemerintah
      3. Menjadi anggota organisasi profesi Dosen
      4. Mewakili perguruan tinggi/lembaga pemerintah
      5. Menjadi anggota delegasi nasional ke pertemuan internasional
      6. Berperan serta aktif dalam pertemuan ilmiah
      7. Mendapat penghargaan/tanda jasa
      8. Menulis buku pelajaran SLTA ke bawah yang diterbitkan dan diedarkan secara nasional
      9. Mempunyai prestasi di bidang olahraga/humaniora
      10. Keanggotaan dalam Tim Penilai Jabatan Akademik Dosen

Untuk Formulir/ Berkas Pendukung Pengajuan Jabatan Fungsional Dosen, bisa diunduh pada link berikut :
https://drive.google.com/drive/folders/1M__pB1DU0ozxfqgl0rolkoWgqe2DivcU?usp=sharing