logo
Duis autem vel eum iriure dolor in hendrerit in vulputate velit esse molestie consequat, vel illum dolore eu feugiat.
 

Register SINTA dan Google Scholar

Home / Register SINTA dan Google Scholar

Account SINTA KEMENRISTEK DIKTI merupakan database bagi publikasi para dosen yang ada di Indonesia. Pada artikel ini akan dibahas bagaimana cara mendaftar Akun Google Scholar dan juga SINTA. Apabila setelah membaca artikel ini ternyata masih bingung dalam registrasi google scholar dan sinta atau ada kesulitan maka bapak – ibu bisa datang langsung ke Bagian Kepegawaian.

Jangan putus asa apabila mengalami kegagalan dalam proses pendaftaran ini, karena registrasi google scholar dan sinta yang sepertinya hal sepele dan menjengkelkan ini, sangat berguna sekali bagi kepentingan bapak/ibu karena kedepannya semua sistem dari Pusat akan terintegrasi dengan akun bapak/ibu. Jadi, mohon diluangkan waktu untuk proses registrasi. Tetap Semangat!

Perlu diketahui, syarat untuk mendaftar akun google scholar dan sinta antara lain:

  • kita harus mempunyai “Akun Email Institusi”. Jadi pastikan bapak dan ibu telah mempunyai akun email institusi dan bisa login ke akun email tersebut. Bagi civitas akademika Uniga Malang yang belum memiliki Akun Email Institusi, Silahkan melakukan pendaftaran ke “PTI Unigamalang” pada jam kerja atau silahkan isi form berikut
  • Penulisan nama di Google Scholar untuk seluruh civitas akademika Uniga Malang adalah “tanpa menggunakan gelar” dan Huruf awal harus kapital.
  • Pada bagian “Affiliasi” pada profil di akun google scholar WAJIB menuliskan “Universitas Gajayana Malang”
  • Pastikan artikel / jurnal yang ditambahkan ke profil google scholar adalah benar-benar milik kita (tercantum nama).
  • Profil Google Scholar wajib di setting ke “Publik”
  • Registrasi SINTA wajib mencantumkan akun Google Scholar. Akun Sinta tidak akan di verifikasi jika masih terdapat kesalahan pada akun Google Scholar.

Panduan lengkap untuk Registrasi Google Scholar dapat dilihat pada link berikut:

https://drive.google.com/file/d/1B-hHhdFcByY4JnTXTMm9FV9WkcO2tFt5/view?usp=sharing

Panduan lengkap untuk Registrasi SINTA dapat dilihat pada link berikut:

https://drive.google.com/file/d/1mnvi534ypAXxK1wYNgAPtlCFU4SpvAk9/view?usp=sharing

Frequently Ask Question

Saya sudah punya pernah buat akun di Google Scholar tetapi saya lupa alamat emailnya dan password untuk loginnya. + -

Tidak ada cara lain untuk hal ini, kita harus mengetahui alamat email dan password email yang kita gunakan untuk registrasi google scholar. Jika ternyata memang benar-benar lupa opsi terakhir adalah membuat akun google scholar baru dengan alamat email gmail yang baru.

Saya sudah punya akun Google Scholar kenapa saya mendapat pemberitahuan untuk memperbaiki ? + -

Perlu bapak ibu ketahui bahwa Uniga Malang memiliki akun Google Scholar juga, link nya: https://goo.gl/bczjLB

Akun Uniga Malang tersebut bukan pihak universitas yang membuat, bukan tetapi secara otomatis muncul di Google Scholar dan setiap universitas dimanapun pasti memiliki akun google scholar institusi seperti itu.

Silahkan bapak – ibu cek pada profile google scholar umy tersebut apakah nama bapak ibu ada didalam daftar tersebut ? Jika tidak ada maka harus ada yang bapak – ibu perbaiki pada halaman profil akun google scholar masing-masing.

Caranya ? Cukup mudah, bapak ibu tinggal mengisi “Universitas Gajayana Malang” pada bagian “Affiliasi” di akun google scholar milik bapak – ibu dosen serta pastikan email yang diverifikasi adalah alamat email Uniga Malang.

Saya sudah punya akun google scholar dan sudah registrasi online untuk akun Sinta tetapi kenapa ketika saya mencari nama saya di Sinta Ristek Dikti tidak muncul ? + -

Untuk registrasi akun Sinta memang harus kita lakukan verifikasi terlebih dahulu. Verifikasi seperti apa yang kami lakukan ? Hal yang kami lakukan dalam verifikasi akun Sinta beberapa diantaranya adalah:

  • Mengecek penulisan nama di akun sinta dengan di google scholar apakah sama atau berbeda. Hal ini biasanya untuk nama-nama yang lumayan panjang contohnya: pada akun google scholar menuliskan nama Roro Sri Mulyani Indrawati tetapi pada registrasi Sinta menuliskan namannya menjadi Rr. Sri Mulyani Indrawati
  • Mengecek apakah profile Google Scholar dan Scopus (jika ada) sudah benar.
  • Mengecek apakah jurnal yang tercantum di Google Scholar benar atau tidak.

Jika ada kesalahan kecil seperti typo penulisan gelar yang dimana kesalahan kecil tersebut bisa kami perbaiki maka kami sebagai verifikator tentu akan membantu memperbaikinya namun jika kesalahan hanya bisa diperbaiki olah “pendaftar” maka dengan sangat terpaksa verifikasinya kami tunda hingga kesalahan tersebut diperbaiki.

Saya sudah daftar di Sinta tetapi saya lupa password untuk loginnya, bagaimana ? + -

Untuk lupa password login ke akun Sinta bisa kami bantu. Silahkan hubungi bagian kepegawaian untuk detailnya. Tetapi jika yang lupa adalah password email gmail untuk login ke scholar kami tidak bisa bantu.